Strategi Optimalkan WA Business untuk UMKM

oleh | 21 Oktober 2023 | 0 Komentar

Strategi Optimalkan WA Business untuk UMKM – WA atau WhatsApp Business kini semakin populer dan berkembang untuk bantu kita kembangkan bisnis. Tidak bisa kita pungkiri bahwa WA adalah platform komunikasi paling populer kita saat ini, tidak hanya di Indonesia tapi juga di sejumlah negara di dunia.

Maka, sangat mungkin jika kita memiliki database calon, on going customer hingga ex customer melalui platform ini. Sayangnya, optimasi WA Business masih belum berjalan maksimal bagi sejumlah UMKM. Kebanyakan, kita masih menggunakan WA Business untuk melakukan komunikasi, meletakkan katalog produk atau memposting story/ WA Status setiap harinya. Padahal, ada banyak fitur di WA Business yang bisa kita optimalkan untuk kembangkan promosi serta database calon konsumen.

Nah, pada kesempatan kali ini, yuk kita bahas bersama bagaimana strategi mengoptimalkan WA Business untuk UMKM. Pastikan baca artikelnya hingga akhir ya!

Strategi Optimalkan WA Business untuk UMKM

Mengoptimalkan WA Business untuk bisnis UMKM tentu akan sangat banyak manfaatnya. Selain kita fokus untuk optimasi media sosial, kita juga sebaiknya tidak lupa jika WA juga punya potensi sangat tinggi terutama ketika target market kita adalah orang-orang yang potensi penggunaan sosial medianya kecil. Bagi UMKM yang fokus di sektor penjualan offline, WA Business ini bisa kita maksimalkan untuk menjangkau konsumen yang lebih luas. Lalu, bagaimana strateginya? Yuk kita bahas!

1. Kelola Basis Data Pelanggan

Strategi pertama adalah terkait pengelolaan data pelanggan. Yang sudah kami sebutkan sebelumnya, bahwa WA Business punya database pelanggan yang sangat besar. Sebagai pelaku bisnis, tentu penting bagi kita untuk menjalin komunikasi yang baik dengan pelanggan. Untuk itu, kita perlu hatikan 4 poin, seperti:

  • Berapa pelanggan yang menyimpan kontak kita?
  • Berapa pelanggan yang kontaknya kita simpan?
  • Berapa jumlah orang yang menghubungi nomor WA kita setiap harinya?
  • Berapa konsumen yang melakukan repeat order?

Nah, pastikan jika mengetahui data ke-empat poin di atas. Karena semakin banyak kita menyimpan nomor dan semakin banyak pelanggan yang menyimpan nomor kita, maka semakin besar juga peluang promosi kita dilihat oleh pelanggan.

2. Integrasi dengan Sosial Media

Perlu kita pahami bahwa WA Business adalah Conversational Commerce, sehingga konsep jualan sambil ngobrol itu penting. Maka, setelah kita melakukan pendekatan melalui ngobrol dan berinteraksi yang baik, pastikan pelanggan juga tahu betul siapa kita dan keunggulan apa yang kita miliki.

Nah, sebelum akhirnya pelanggan datang ke WA kita, biasanya mereka akan menjelajah di sosial media atau website. Pastikan jika kita sudah meletakkan link WA Business di platform sosial media sepert Facebook, Instagram, Tiktok, Youtube hingga bahwa di website atau landing page yang kita buat. Ini akan memudahkan mereka tanpa perlu mencatat nomor Whatsapp kita.

3. Manfaatkan Fitur Broadcast

Salah satu fitur keren WA Business adalah adanya fitur Broadcast. Ini adalah fitur dimana kita bisa menyebarkan informasi atau promosi ke semua nomor Whatsapp kita hanya dengan 1 kali klik. Tentu ini akan sangat mudah dan efektif. Maka untuk melakukan broadcast massage secara optimal, anda harus memastikan jika nomor WA yang sudah tersimpan atau menyimpan nomor WA sudah cukup banyak.

4. Berisan Respon Cepat dengan Fitur Balas Otomotatis

Kemudian, anda juga bisa mengatur fitur balasan otomatis. Tentu ini akan sangat efektif untuk secara otomatis merespon jawaban konsumen secara cepat. Biasanya kita perlu menyisipkan pesan seperti “Mohon ditunggu ya kak, nanti mimin segera hubungi kakak lagi 😊” atau “Hai kak, mau tanya-tanya tentang apa nih?”.

5. Buat Katalog Produk yang Menarik

Yang terakhir, kita juga perlu membuat katalog produk yang menarik. Pastikan katalog juga memberikan informasi yang singkat namun informatif kepada pelanggan. Tentunya, katalog produk harus berisi foto produk beserta deskripsi singkat produknya.

Nah, itu tadi kelima strategi mengoptimalkan WA Business untuk UMKM. Pastikan kita juga rutin lakukan gerilya mengajak pelanggan atau orang-orang di sekitar kita untuk menyimpan nomor WA Busines kita. Dengan begitu, semakin banyak orang yang menyimpan, semakin tinggi pula potensi kita mendapatkan pelanggan baru. Semangat, salam sukses UMKM!

Baca Artikel Lainnya : Strategi Optimalkan WA Business untuk UMKM

Hubungi kami untuk mendapatkan konsultasi mengenai UMKM

error: Konten dilindungi!