Menemukan Potensi Akses Ekspor bagi UMKM – UMKM Indonesia memiliki potensi yang besar untuk bisa ikut merambah pasar Internasional. Disamping kemudahan akses informasi dan komunikasi, produk yang dihasilkan oleh UMKM kita sudah sangat berkualitas dan layak untuk ekspor. Tentu, ini akan sangat memanfaatkan pelaku usaha serta negara karena terbukanya lapangan pekerjaan serta meningkatnya nilai devisa karena kegiatan ekspor.
Kemudian pertanyaan, bagaimana UMKM bisa mendapatkan potensi akses untuk melakukan kegiatan ekspor produk? Nah, yuk kita pelajari disini!
Produk Unggulan UMKM yang Berpotensi Ekspor
Di bawah ini terdapat beberapa produk UMKM kita yang berpotensi untuk tembus pasar Internasional. Dan berikut adalah listnya:
- Produk kerajinan tangan
- Udang
- Kopi
- Minyak kelapa sawit
- Kakao
- Karet dan produk olahan karet
- Tekstil dan produk tekstil
- Furniture
- Produk fashion seperti sepatu, sandal dan lain sebagainya
- Produk camilan khas Indonesia
Bagaimana Cara Menemukan Potensi Akses Ekspor bagi UMKM?
Kemudian, untuk bisa tembus pasar ekspor, terdapat sejumlah cara agar potensi akses eskpor terbuka bagi UMKM kita. Akses tersebut bisa melalui:
1. Exhibition atau Expo
Langkah pertama, UMKM bisa mengikuti expo atau exhibition. Indonesia sendiri sudah memiliki expo yang sangat terkenal dan berskala Internasional. Contohnya Trade Expo Indonesia, Inacraft, SIAL Seafood, dan masih banyak lagi. Bahkan dalam event ini terdapat juga event Business Matching dimana kita bisa langsung bertemu dan menawarkan produk kita ke market Internasional. Tentu, bergabung ke dalam event bertaraf internasional seperti ini bisa membuka keluang kita jauh lebih besar.
2. Melalui Menteri Perdagangan
Kita juga bisa mendatangi kantor kementrian terkait misalnya ke kantor Kementrian Perdagangan untuk mendapatkan informasi tentang data pasar. Biasanya kita bisa dapatkan informasi tentang kebutuhan komoditi, infomasi internasional buyer, dan lain sebagainya.
3. Kolaborasi
Kemudian, kita juga bisa melakukan kolaborasi dengan perusahaan lokal yang sudah berpengalaman melakukan kegiatan ekspor. Namun, pastikan kita memilih mitra perusahaan yang baik dan amanah agar kita tidak dirugikan di kemudian harinya.
4. Website Direktori
Langkah selanjutnya, kita bisa menjelajah website direktori atau mencari informasi di website terkait informasi ekspor dan kebutuhan pasar di negara tujuan.
5. Memanfaatkan Media Sosial
Era digital juga memudahkan kita untuk menjangkau pasar internasional dengan mudah dengan biaya relatif terjangkau. Melalui optimasi media sosial, kita bisa melakukan promosi dan menyebarkan informasi tentang bisnis dan produk anda.
Bagaimana? Sudah siap tembus pasar Internasional? Pastikan produk sudah berkualifikasi terbaik dan siap untuk bersaing ya. Nantikan informasi terbaru kami lainnya. Semangat, dan salam sukses UMKM!
Baca Artikel Lainnya : 10 Ide Produk Kreatif dan Inovatif untuk Membuka Bisnis Anda